beritadunesia-logo

Provinsi Sumatera Selatan

logoNama Resmi : Kabupaten Ogan Komering Ulu
Ibukota :  Baturaja
Luas Wilayah: 13.661,00 km²
Jumlah Penduduk:  1.159.713 Jiwa
Wilayah Administrasi:Kecamatan : 27
Bupati :  H. Maulan Aklil, S.IP, M.Si
Wakil Bupati: -
Alamat Kantor:  Jl. Ahmad Yani Km. 7, Baturaja - Sumatera Selatan
Telp. (0735) 320199
Fax.
Website : http://www.okukab.go.id/

SEJARAH

Ditinjau dari sejarah, terbentuknya Kab. Ogan Komering Ulu sejalan dengan perjalanan & perkembangan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Nama ?Ogan Komering Ulu? itu sendiri sesungguhnya diambil dari nama dua sungai besar yang mengalir di sepanjang wilayah Ogan Komering Ulu, yaitu sungai Ogan dan sungai Komering.


Sejarah perkembangan Kabupaten Ogan Komering Ulu dapat dibagi ke dalam tiga masa atau tahapan yaitu:
(1) masa sebelum Pemerintahan Kolonial Belanda;
(2) masa Pemerintahan Kolonial Belanda/Jepang dan
(3) masa setelah kemerdakaan.


Pada masa sebelum Pemerintahan Kolonial Belanda, wilayah Ogan Komering Ulu masih tergabung pada Kesultanan Palembang dan terdiri dari beberapa marga yang masing-masing marga dikepalai oleh seorang Pesirah, Adipati atau Depati, sehingga sistem pemerintahan yang dianut pada masa itu disebut Pemerintahan Marga.


Pembentukan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) didasarkan pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II Kotapraja di Sumatera Selatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1959 Nomor 73. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1821).


Dalam perkembangannya, sesuai dengan semangat Otonomi Daerah, maka pada tahun 2003 sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Ogan Ilir di Provinsi Sumatera Selatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 152, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4347), Kabupaten OKU resmi dimekarkan menjadi 3 (tiga) Kabupaten, yakni:
1.     Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU TIMUR) dengan Ibukota Martapura;
2.     Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU SELATAN) dengan Ibukota Muaradua;
3.     Kabupaten Ogan